Posted on Leave a comment

Tips Blogging di WordPress.com (1)

Tips-blogging-di-wordpress-image

Halo semua…! Kali ini saya akan menuliskan tentang tips blogging supaya kita bisa nge-blog secara runtut sesuai dengan course yang diajarkan oleh WordPress.com di sini.

Oke, apakah teman – teman sudah punya blog di WordPress.com? Kalau sudah alhamdulillah, kalau belum ayuk dibuat dulu. Gampang kok membuatnya. Tinggal sign up aja di WordPress.com. Sebelumnya saya juga sudah menuliskan tentang perbedaan blogging di WordPress.com dengan WordPress.org.

Lalu ikuti petunjuk untuk nge-blog di bawah ini yaa…

Tips Blogging Hari Pertama : Waktunya Bikin Postingan

Hari pertama ini, cobalah untuk membuat 1 post baru tentang “Siapa kamu?” dan “Mengapa kamu blogging?”, tuliskan secara general (misalnya untuk menuliskan seluruh kisah dalam hidup) atau spesifik (untuk menuliskan tentang pengalaman PCOS).

Tuliskan secara mengalir apapun yang kita pikirkan. Lalu tambahkan tag dan kategori di pengaturan post sebelah kanan, selanjutnya bisa klik publish. Done!

Tag ini berfungsi supaya postingan blog kita mudah dicari oleh pembaca WordPress.com.

Tips Blogging Hari Kedua: Kontrol Judul dan Taglinemu

Di hari kedua ini, kita harus melihat lagi judul dan tagline blog yang muncul ketika alamat url blog di enter. Nah pada tampilan awal biasanya muncuk judul blog disertai tagline di bawahnya.

Kita bisa mengubah judul dan tagline ini untuk menciptakan kesan pertama yang menarik. Kita harus bisa menunjukkan siapa diri kita melalui judul dan tagline blog ini.

Nah, untuk mengubahnya, kita harus meng-klik menu “Customizer” di bagian dashboard WordPress. Lalu, klik “Site Identity”. Ubahlah judul dan tagline yang ada, sesuai dengan kemauan kita. Ingat, buatlah judul dan tagline yang berkesan.

Biasanya judul ini dimulai dengan beberapa kata sifat yang dapat mendeskripsikan siapa kita atau kita juga bisa bermain dengan quote – quote yang kita sukai.

Terakhir, klik “Save & Publish”.

Lalu, untuk lebih mengembangkan blog tersebut, kita juga bisa memposting lagi cerita tentang asal usul penamaan blog dan tagline ini.

Tips Blogging Hari Ketiga: Kunjungi Tetangga Kita

Eaaa… hidup bertetangga bukan hanya ada di dunia nyata, namun juga di dunia maya. Saling berkunjung di blog tetangga juga merupakan upaya yang sangat baik untuk menjalin hubungan, apalagi jika tema tulisan di blog mu berhubungan dengan blog mereka.

Ok, kali ini tips yang harus dilakukan adalah:

  1. Carilah menu WordPress.com Reader, klik menu tersebut. (Bocoran: Menu Reader ada di sebelah kanan menu My Sites di dashboard).
  2. Lalu di bagian search, ketikkan satu atau dua kata. Nanti akan muncul beberapa blog yang berkaitan dengan kata yang kita ketik tadi.
  3. Selanjutnya klik Follow pada setiap blog yang ingin kita ikuti. Jangan sungkan – sungkan untuk blogwalking juga ya. Hal ini juga bermanfaat supaya kita menemukan ide untuk tulisan – tulisan kita selanjutnya. Selain itu, langkah ini bisa meningkatkan follower atau pembaca blog kita.

Tips Blogging Hari Keempat: Identifikasi Pembaca

Menurutmu, siapakah yang menjadi target pembaca blog kita?

Nah, hal ini perlu kita identifikasi lebih lanjut, supaya setiap yang kita tuliskan bisa bertemu dengan target pembaca yang tepat.

Tips untuk mengidentifikasi:

  1. Brainstorming tentang siapa orang yang kita harapkan sebagai pembaca blog kita? Apa yang ingin kita sampaikan pada mereka?
  2. Tuliskan post baru untuk mereka. Jangan lupa untuk menyisipkan gambar, video atau elemen lainnya di dalam tulisan tersebut, walaupun kita saya belum memberikan tips-nya ya. Coba – coba dulu saja. Penambahan media ini juga akan menambah ketertarikan pembaca blog kita.
  3. Finally, tambahkan beberapa tag dan kategori yang sesuai untuk post tersebut. Kalau di course-nya WordPress.com kita dianjurkan untuk menambahkan tag ‘bloggingfundamentals’. Then, publish it.

Menulis dengan membayangkan orang tertentu atau kelompok tertentu merupakan cara supaya kita bisa memfokuskan pikiran dan tujuan kita menulis.

(Visited 20 times, 1 visits today)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *