Posted on 2 Comments

Menjadi Seorang Blogger?

blogger featured image

Halo semua! Selamat datang di tulisan pertama saya. Kali ini saya ingin menceritakan tentang awal mula saya mendedikasikan diri menjadi seorang blogger dan set up blog baru di sini.

Berawal dari hobby menulis

(Ya walaupun belum sampai menghasilkan buku hehe….)

Hobby menulis saya sedari kecil. Paling hanya ditorehkan ke buku diary. Lambat laun ketika memasuki dunia perkuliahan, akses internet di kampus semakin mudah dan akhirnya tertarik ke salah satu platform blog seperti Blogger dan WordPress. Saya menulis di dua platform tersebut sampai sekarang (yang versi gratisan ya.. hehe).

Nah, singkat cerita saya ingin membuat tulisan di kedua blog tersebut lebih rapi. Karena kontennya sudah cukup banyak, jadi saya perlu mencari cara lain. Akhirnya, saya memutuskan untuk re-write tulisan – tulisan saya di blog sebelumnya di blog baru. Tentunya dengan menambahkan tulisan – tulisan terbaru juga.

Mengapa saya melakukan ini?

Setelah saya melakukan ‘blog walking‘ ke beberapa blog lainnya, sepertinya saya perlu merubah blog saya. Saya merasakan keanehan dengan blog saya. Yang niche nya berantakan, ga menjual banget, dan yaa secara tampilan masih general karena memakai platform gratisan. Seperti gak Inung banget, hehe.. Iyaa saya suka yang lebih mencerminkan diri saya. Dan ketika di platform gratisan, kreasinya memang terbatas. Jadi di tahun ini saya mencoba untuk membuat blog baru yang menampilkan tulisan – tulisan saya secara lebih terorganisir.

Selain itu, saya juga mencoba untuk lebih serius di dunia blogger ini. Khususnya menjadi blogger, copywriter dan ngulik dalemnya WordPress. Semacam challenge juga si untuk diri sendiri. Karena mau gak mau harus mempunyai spesifikasi skill yang mendalam. Kurasa, skill menulis ini yang memang lebih ingin saya kembangkan. Terlepas dari basic keilmuan saya di bidang fisika.

Blogger menjadi penghasilan

Saya merasa curious terhadap blogger – blogger luar negeri. Mereka bisa menghasilkan uang dari rumah dan tetap menjadi ibu serta istri yang siap sedia ketika dibutuhkan keluarga. Kan saya jadi lebih exciting gitu. Pun ketika melihat suami saya adalah seorang programmer, maka menjadi blogger adalah salah satu pilihan buat saya untuk tetap eksis walaupun di rumah saja.

Dulu saya membayangkan bahwa sebagai seorang blogger ya sekedar menulis secara sukarela tanpa ada penghasilan. Namun, setelah banyak menggali lebih dalam, blogger juga bisa menjadi pekerjaan yang dapat menghasilkan uang.

Kalau teman – teman ingin tahu, dari mana sajakah uang yang bisa didapatkan sebagai blogger? Sebenarnya ada banyak cara, seperti memasang iklan, menjadi reseller suatu produk, affiliate marketing, dan masih banyak cara lainnya. Memang konsen utama para blogger pemula biasanya memasang iklan. Tapi ada beberapa blogger juga yang tak sukses dari cara tersebut. Akhirnya mereka banyak lari ke personal branding untuk menawarkan jasa atau bisa juga ke bisnis lainnya.

Setelah menjadi pengguna Blogger dan WordPress selama 11 tahun ini, saya mendapatkan job menulis pertama pada tahun 2015. Kalau dihitung saat itu ya berarti setelah 6 tahun menjadi penulis blog. Iya, blog saya sebelumnya menjadi portofolio saya. Bahwa saya telah terbiasa menulis. Hal ini sangat berguna ketika saya mendaftar sebagai seorang freelancer writer untuk tim menulis lokal. Memang dari pekerjaan tersebut belum menghasilkan banyak uang seperti blogger – blogger luar negeri. Namun, saya cukup mendapatkan banyak pengalaman menulis ketika apply sebagai freelancer writer saat itu.

Buat teman – teman blogger pemula

Sekedar saran untuk teman – teman blogger pemula. Bagi yang mau bersungguh – sungguh menjadi seorang blogger, maka mulailah dari SEKARANG. Tetapkan diri mau menulis blog dengan niche yang mana? Jangan terlambat seperti saya. Saya dulu menulis di blog sekitar tahun 2009, ya asal menulis saja. Asal RAJIN MENULIS. Namun setelah beberapa tahun terakhir saya merasa risih dengan tulisan – tulisan saya yang kurang terorganisir. Ya, karena bahasannya banyak curhat, gado – gado, dan judul kurang masuk ke SEO. Hihi… Maklum, karena beneran ga tahu yang namanya SEO sejak dulu. Baru melek SEO itu setelah tahun 2015 saat menjadi seorang freelancer writer. OMG >.<

Selain menetapkan niche yang teman – teman inginkan, carilah ide di manapun untuk bisa menjadi sumber inspirasi tulisan kalian. E tapi, mungkin kalau teman – teman masih bingung niche yang mana, dan memang belum terbiasa menulis, saran saya usahakan belajar untuk konsisten menulis terlebih dahulu. Baru tentukan niche yang ingin dipilih.

Saya rasa untuk bahasan menjadi blogger pemula akan saya pisah ke dalam tulisan tersendiri ya biar lebih gamblang. Nanti saya cantumkan tautannya di sini.

Ok, terima kasih yang sudah membaca sampai akhir. Begitulah awal mula saya mulai menetapkan diri sebagai seorang blogger. Semoga menginspirasi.

And the last dari saya,

“Apapun yang ingin kalian lakukan, dalamilah hingga menjadi skill. Sampai kalian menemukan ‘Aha!’, lalu kalian tetap bertahan di sana. Lakukan terus – menerus hingga bisa menjadi kompetensi yang mumpuni. Sehingga kalian bisa menyebut diri kalian sebagai apa yang kalian dalami.”
Siti Nur Alfath, 2020
Tweet

(Visited 37 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Menjadi Seorang Blogger?

  1. Topik, sudah oke, alur sudah okey, masih ada beberapa grammar (kaidah kebahasaan) yang belum click, masih banyak predikat subjek objek.

    1. oke, Siap terima kasih Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *