Categories
WordPress

Apa beda WordPress.com dengan WordPress.org?

Hai, kembali lagi di tulisan saya tentang WordPress. Nah, kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org.

Mungkin sampai saat ini ada teman – teman yang belum mengetahui tentang keduanya. Tahunya ya paling WordPress saja. Jujur, saya juga baru tahu secara detail tentang keduanya ya baru akhir – akhir ini. Jadi saya memutuskan untuk sharing ke teman – teman semua.

Mari kita bahas satu persatu.

Apa itu WordPress.com?

WordPress.com merupakan situs penyedia domain dan hosting gratis yang dengan mudah bisa kita gunakan untuk membuat blog. Sangat direkomendasikan untuk pemula. Jadi kalau teman – teman masih newbie ya cocok untuk mulai blogging via WordPress.com ini. Hanya saja alamat url yang dipakai tidak bisa custom, seperti https://sitinuralfath.wordpress.com. Selalu ada .wordpress.com di belakang nama domain teman – teman.

Bagaimana cara mempunyai blog di WordPress.com ini?

Teman – teman bisa registrasi akun dulu di sini. Panduan membuat blog di WordPress.com bagi pemula akan saya tuliskan setelah postingan ini.

Okey?

Apabila teman – teman ingin mempunyai nama domain.com atau menghilangkan .wordpress.com di belakang nama domain yang sekarang, maka teman – teman harus upgrade ke Personal ataupun Premium terlebih dahulu.

Nah, kalau ingin dimonetasi (biar dapat gaji dari Google..hihi) teman – teman wajib upgrade-nya ke Premium. Selain itu, teman – teman juga bisa membuat blog dengan menggunakan WordPress.org dimana domain dan hosting kita beli dari pihak penyedia hosting lainnya.

Tampilan WordPress.com
WordPress.com

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org merupakan open source software untuk membuat web ataupun blog. Software ini bisa diunduh dan diupload ke server yang kita punya (atau beli saja ke penyedia hosting, biar mudah). Ada banyak penyedia hosting juga yang memberi kemudahan instalasi WordPress.org ini. Jadi kita tidak perlu unduh dari WordPress.org. Tinggal pilih penyedia hosting yang mendukung WordPress.

Kalau membuat blog dengan cara ini, teman – teman perlu banyak mengumpulkan informasi bagaimana cara membuatnya. Mulai dari beli domain, beli hosting, dan menghubungkan domain dan hosting tersebut. Banyak pengaturan yang perlu di lakukan, jadi harus benar – benar mau nyoba dari awal.

Tapi kelebihannya adalah teman – teman bisa install – install plugin yang dibutuhkan dengan bebas, banyak yang free lho. Plus langsung bisa dimonetasi asalkan memenuhi persyaratan dari Google Adsense.

Tampilan WordPress.org
WordPress.org

Simpulan

Baik WordPress.com ataupun WordPress.org ada kelebihan dan kekurangannya.

Kalau budget tidak ada ya pilihlah yang gratisan di WorPress.com. Di sini pas banget kalau teman – teman cuma ingin menyalurkan hobby menulis tanpa pikir masalah monetasi.

Kalau untuk bisnis, jelas harus ada budget. Banyak penyedia jasa hosting yang memberikan domain gratis dan hosting murah. Boleh search aja di Google. hehe… saya belum mau promosi. Atau upgrade saja blog WordPress.com ke Premium supaya bisa lebih banyak fitur yang akan dipakai dan dimonetasi. Untuk masalah perbandingan harganya sepertinya lebih murah cari domain dan hosting sendiri. Cuma ya gitu, kualitas saya belum tahu. Sampai saat ini saya masih pakai domain dan hosting sendiri. Belum punya budget lebih untuk merasakan upgrade domain dan hosting di WordPress.com.

Oke, selamat mencoba!

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *